Selasa, 06 September 2011

Sejarah SMA Negeri 1 Sragen

 
SMA negeri 1 sragen merupakan sekolah bertaraf internasional yang didirikan 51 tahun silam. Sekolah yang didirikan atas kerjasama sebuah kelompok yang diprakarsai oleh Bupati Sragen, Bp. Mustajab, sehingga terbentuklah sebuah lembaga pendidikan yang bernama SMA ABC Persiapan Negeri Sragen (1960-1961) yang berlokasi di desa Bangunsari yaitu gedung Sekolah Rakyat Latihan (SRL)  yang sekarang adalah SD 12-13. Saat itu, yang menjabat sebagai Kepala Sekolah adalah Bapak Raden Tumenggung Tondo Negoro yang merangkap jabatan sebagai Kepala SMA 4 Surakarta.
Dahulu, sekolah ini menenpati gedung srl dikarenakan Pemerintah menjajikan sekolah ini untuk dinegrikan bila sekolah ini sudah punya gedung, maka gedung SRL tersebut dianggap sebagai gedung SMA, sehingga pada waktu itu murid-murid SRL harus masuk siang. Sebagian dari siswa SRL ada yang iri maka terjadilah perebutan tempat yang akhirnya pada suatu hari ketika siswa SMA akan masuk sekolah ternyata gedung SRL dikunci. Karena gedung tersebut dikunci maka para siswa pergi ke Kabupaten untuk melapor masalah tersebut. Kemudian panitia Pendiri SMA bekerja sama dengan Kepala SGA Sragen untuk meminjamkan beberapa ruangan yang  masih kosong sambil menunggu selesainya gedung yang sedang dibangun di Ringinanom (yang seharusnya untuk SLTP 3 Sragen) dan sebagian siswa ditampung di SMP Negeri 1 Sragen namun masuk pada siang hari.
Setelah kenaikan kelas dari kelas satu ke kelas dua,  sekolah ini pindah ke gedung baru di Ringinanom (SMEP). Karena pada saat itu ruangan kelas tidak memadai, maka beberapa kelas terpaksa ditempatkan di rumah penduduk di sekitar. Pada waktu itu SMA Sragen mendapat SK Penegrian tepatnya tanggal 1 Agustus tahun 1961 dengan Kepala Sekolah Raden Tumenggung Tondo Negoro.
Dikarenakan Bapak Raden Tumenggung Tondo Negoro merangkap sebagai Kepala SMA 4 Surakarta, maka jabatan Kepala SMA ABC Negeri Sragen digantikan oleh Bapak Raden Ngabei Sudjadi Siswodiprojo yang mempunyai masa jabatan dari tanggal 1 - 8 - 1961 hingga tanggal 31 - 7 - 1966.
Pada bulan Juli 1965 SMA Negeri Sragen yang menempati gedung di Ringinanom dipindahkan ke gedung baru yang ditempati hingga sekarang, yang tepatnya berada di Jl.Perintis Kemerdekaan 16. Gedung yang dulu bernama komplek makam Cina Setro Gondo Mayit, ditempati SMEP sejak tahun 1962, sedangkan pada tahun 1965 SMEP pindah ke gedung di Ringinanom.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Lady Gaga, Salman Khan